Walk in Thailand

Bertolak dari posting-anku sebelumnya mengenai dilema terpilih di dua program fully funded tetapi aku harus memilih salah satu karena kalau aku nekat bukan hanya koass yang akan terkorbankan, tetapi nasibku sebagai penerima beasiswa yang terancam. Hal ini yang akhirnya mengantarkanku untuk berkunjung ke negeri gajah putih, Thailand. Sebenarnya aku sudah berencana untuk pergi ke Thailand akhir tahun ini, untuk merayakan tahun baru sekalian janjian untuk ketemu dengan teman jauh. Namun sepertinya Allah memberiku rejeki lebih awal dari sebelumnya, dan tanpa mengeluarkan uang sepeserpun pula...

Warning : Cerita ini bakalan cukup panjang berisi pengalaman travelling dan konten kegiatan APFSD 2019, so pastikan kalian punya waktu senggang untuk membacanya ya.

Sudah nabung dong buat travelling akhir tahun

Oke, jadi aku berangkat hari Rabu tanggal 20 Maret, pesawatku akan berangkat dari Pontianak ke Jakarta jam 12.30, baru Jakarta ke Bangkok jam 19.05. Sebelum berangkat aku masih menyempatkan diri untuk ke kampus mengurusi berkas wisuda, padahal tinggal bayar aja tapi karena sistem eror terus jadinya aku masih belum bisa bayar padahal deadline untuk pendaftaran wisuda tanggal 25 Maret ini, itu berarti aku hanya punya 1 hari untuk menyelesaikan sisa pendaftaran karena aku baru pulang tanggal 24, menyebalkan rasanya hiks.

Setelah urusan di kampus beres, dengan menitipkan segala berkas ke teman untuk membantu menyelesaikan administrasi. Aku akhirnya berangkat ke bandara Supadio dengan menggunaan Grab Car, bikos banyak barang bawaan (ntah kenapa pergi bentar tapi kok banyak banget rasanya yang dibawa) :(

Beban hidup aja udah berat, ditambah ini lagi :(

Panitia kali ini lumayan memberikan aku fasilitas yang fancy, maskapai Garuda Indonesia jadi pilihan untuk penerbangan aku pulang pergi Pontianak - Jakarta. Tiba di Soekarno-Hatta sekitar jam 2 siang lewat, singgah sebentar ke Mushola, buset dah jauh banget musholanya mana harus bawa barang sebanyak itu. Abis sholat, aku langsung segera check in karena kalau jalan-jalan di bandara terus check in mepet-mepet resiko banget sih, karena penerbangan internasional kan ribet, security checknya banyak, belum lagi antri imigrasi, jadi lebih baik check in awal dan tinggal nangkring di ruang tunggu.

Pas mau ngantri check in ya elah ramai juga, tapi untungnya meja check in dipisah gitu antara ekonomi sama bisnis, et pas diliat aku dapat yang bisnis dong. Langsung deh karena ga ramai yang antri, aku check in pertama, dan dapet invitation voucher dari Thai Airways ke Saphire Lounge dari mas-mas di meja check in. Awalnya bingung, ini tempat apaan gitu yah, nyari info dikit di internet ternyata semacam ruang tunggu gitu ya.

Invitation card & tiket

Akhirnya nongkrong deh aku di Saphire Lounge sambil nunggu 3 jam buat penerbangan ke Bangkok, ya elah disitu isinya bule semua pula. Aku sampe pindah sekali karena nyari spot yang enak buat nulis blog dan nyarinya yang dekat tempat makan. Disitu memang sepertinya khusus orang-orang bussiness class gitu sih, jadi ngga heranlah aku, bawa santai aja ambil semua makanan yang disediain sambil ngacir. "Kenapa ada bocah disini..." I know what you said sir-mam, hiks

Lanjut naik ke pesawat, estimasi aku nyampe ke Bangkok sekitar jam 11 malem gitu. Belum lagi ini itu, imigrasi, ambil bagasi, beli paket internet, dll. Oke masuk ke pesawat, langsung disambut ramah sama pramugarinya dan dikasi handuk hangat, duh tau banget lagi kedinginan dan enak rasanya. Bussiness class sama kaya maskapai lain, duduknya berdua-dua gitu, aku dapet bangku paling pojok sebelah kiri dekat jendela, bareng sama bapak bule yang rapi banget, aku liat dia bertiga gitu emang kaya orang-orang bisnis dan di dalam pesawat mereka masih aja ngomong ga berenti. Sedangkan aku duduk diem aja dah di bangku, dan karena kebelet akhirnya ke wc. Sepanjang waktu boarding aku liat sekeliling, cuma aku doang yang cewe dan paling muda, sisanya bapak-bapak bule berjas semua :(

Side capture

Emang masuk ke kasta bangsawan ini treatmentnya beda ya, ga abis-abisnya pramugari nyamperin, capek aku tuh. Kalo aku liat setiap penumpang disini ditawarin wine gitu, tapi mbak pramugarinya ngga nawarin aku, wkwk. Sampe akhirnya disuruh milih menu makanan, padahal aku udah kenyang banget makan di Saphire Lounge sampe nyisipin 3 sandwich buat dibawa ke hotel wkwk. Bingung dah mau makan apa, yaudah karena gamau aneh-aneh minta ayam aja. Eh tapi ada menu cocktail juga wkwk, ngga cuma diliat doang.

3 jam di pesawat, tapi aku males tidur, padahal aku minum obat muntah yang ada efek sedasi. Ya sudah akhirnya aku memilih untuk nonton, dikasi cemilan dan ini enak sekali huhu kacang almond sama manisan-manisan gitu. Tapi belum sempet aku habisin udah diambil karena makanan berat udah dateng. Si om disebelah doyan pula, minta nambah tapi doi ga pesen makanan berat :") Udah biasa kayaknya.

Abis itu dikasi hidangan penutup, selain buah dan biskuit, kirain apaan ternyata keju. Pas dicoba ga enak dilidah, padahal tampilannya menggoda. Yang persegi panjang aku habisin 1 aja, yg kecil itu ga kuat rasanya padahal nyoba dikit :")

Abis itu barulah bisa tentram, karena ga banyak ini itu lagi setelah makan berat. Selesai nonton, akhirnya milih istirahat bentar. Tak lama aku udah mendarat di Bandara Suvarnabumi, Bangkok. Well yah, disini selangkah lebih jauh dari kemarin ke Malaysia. Akhirnya nyampe juga, rasanya udah capek sekali dan ingin tidur beneran. Tetapi antrian imigrasi panjang banget, akhirnya bener-bener selesai urusan ini itu dan beli paket internet barulah bisa pesen Grab untuk ke hotel dan itu udah jam 12.30 malam, awalnya mau pake taksi tapi mahal banget 1200 Baht, pake Grab cuma 300an Baht, ya meskipun nanti di reimburse panitia tapi aku jaga duit takutnya kurang huhu.

Pas ngambil bagasi
Perjalanan dari bandara cuma sekitar 30 menitan, kata peserta lain biasanya sejam lebih kalo siang (macet gitu). Finally, nyampe juga di Sukosol Hotel, dan dapet kamar di lantai 16, satu kamar satu orang, emang baik banget panitianya. Lalu aku langsung mandi dan istirahat, mengingat besok sudah kegiatan pembukaan dan hari pertama dari acara Asia Pacific Forum on Sustainable Development goals (APFSD) : Youth Forum 2019.

Love this room so much!

Jadi APFSD Youth Forum 2019 ini merupakan salah satu rangkaian dari APFSD 2019 yang overall kegiatannya itu ada 3 rangkaian : Youth Forum, People Forum, dan diakhiri dengan UN Forum. Jadi Youth Forum ini pembukanya gitu dari tanggal 21-23, People Forum 24-26, baru UN Forum 27-29.
Didalam kegiatan ini, sebanyak 70 anak muda se-Asia Pasifik dikumpulkan untuk membuat rekomendasi yang berhubungan dengan SDG 4 (Education), SDG 8 (Employment), & SDG 13 (Climate Change). Pemuda yang hadir juga dengan latar belakang yang bermacam-macam, dan ini forum pertama dimana aku menemukan banyak sekali diversity in background yang menuntut aku menjadi orang yang lebih open-minded. Dan, semua orang disini ternyata hebat-hebat guys, gila, ga ngerti lagi aku karena mereka rata-rata berpengaruh di negaranya masing-masing (secara lokal), mulai dari orang-orang advocacy, inisiator, founder, di bidangnya masing-masing.

ARROW sebagai penyelenggara difasilitasi oleh UNESCAP dan didukung oleh beberapa organisasi lainnya

Hari pertama kita kenalan dulu satu sama lain, ada kurang lebih 17 negara yang aku catat hadir dalam ruangan itu. India & Indonesia merupakan delegasi terbanyak. Setelah itu kita diberikan insight seperti pengenalan APFSD, tujuan, goals yang ingin dicapai, serta diskusi panel SDG 4 & 8 yang membawakan isu kesetaraan bagi semua orang. Ya, aku akan jadi salah satu pembicara di diskusi panel dalam climate change di hari kedua.

Perwakilan dari pemuda, UN, dan ahli lain memberikan materi tentang SDG yang mereka geluti selama ini
Meeting dalam 3 hari berakhir jam 5 sore, itu berarti aku memiliki waktu untuk mengeksplor kota Bangkok hanya pada malam hari saja. Namun pada hari terakhir forum, akan berakhir jam 3 dan ada workshop namun tidak wajib hadir, hanya yang mau saja. Aku berniat untuk menggunakan 3 jam terang di sore hari untuk pergi ke kuil saja. Panitia memang tidak menyediakan makan malam untuk peserta, sebagai gantinya setiap peserta mendapatkan uang saku (dalam dolar) untuk "jajan" selama 3 hari, selain itu biaya taksi dari rumah hingga ke hotel juga diganti menggunakan dolar oleh panitia. Namun sayang, ada 25 dolar yang tidak bisa digunakan dan baru sadar pas udah di Pontianak :")

Jalan-jalan hari pertama aku mengunjungi Khaosan Road yang terkenal dengan jajanan serangga, aku pergi bersama peserta dari Indonesia dan Vietnam. Khaosan Road menurutku kalau di Indonesia itu seperti Malioboro, kurang lebih. Disitu menurutku makanan yang dijual cukup murah, tetapi untuk souvenir cukup mahal.

Oh iya, namun disini banyak banget bar gitu, jadi ngga heran banyak banget bule yang nongkrong karena live music disepanjang jalan. Aku nyoba beli mango sticky rice, harganya 50 Baht. Mungkin selera orang beda-beda kali ya, tapi menurutku ini enak tapi biasa saja. Lumayanlah, memang mangganya enak banget tapi aneh menurutku dicampur dengan ketan dan santan huhu.

Makan bertiga
Oh iya, ada beberapa penjual yang menjual serangga goreng bahkan ada bapak-bapak yang sampe menjajak one to one gitu, dan yang dibawa kalajengking. Aku cuma bisa liat aja sih, ga bisa bayangin rasanya gimana gitu, ada kalajengking, lipan, belalang, dll.

Kalo mau ambil foto bayar, jadi ini cuma bisa diem-diem dari jarak jauh

Dan disepanjang jalan banyak banget makanan yang menggoda, mulai dari gorengan, pad thai, buah segar, sayangnya ga boleh hedon amat ya hiks. Jadi selain beli mango sticky rice aku cuma beli kebab karena terlihat menggoda, dan ternyata enak rasanya.

Si adek dari Indo beli roti bakar

Oh iya, disini kalau pake taksi meter malah jauh lebih murah loh daripada pake Grab, tapi sebelum naik taksi meter harus bilang ke supirnya, pura-pura nanya gitu sih "Taxi meter?", karena kalau ngga mereka bisa pasang tarif semaunya gitu. Atau pas kita nanya berapa kalo dari sini pulang ke hotel, nah mereka juga jawab kaya gitu, bahkan sampe nawar padahal jelas-jelas sudah ada meternya didalam mobil. Jadi harus pandai-pandai ya. Sebenarnya aku coba pake BTS (Bangkok Mass Transit System), tapi karena ga ngerti dan menurutku agak ribet dibanding MRT di Kuala Lumpur, alhasil kami sempat beli tiket 2x karena salah masuk stasiun, udah gitu kami harus pake bis pula ke Khaosan, akhirnya nyerah karena nunggu bis dan pesan Grab :")

Suasana dalam BTS sebelum ke Khaosan Road

Aku pulang ke hotel sekitar jam 10 malam, karena aku harus persiapan presentasi dan mempersiapkan tarian sampahku (beneran loh ini). Di hari kedua, kegiatan hari ini full mulai dari diskusi panel hingga finalisasi draf rekomendasi. Jadi setelah diskusi panel dilanjutkan dengan perumusan rekomendasi, dan itu dilakukan satu persatu sesuai SDG tertentu, jadi lebih fokus. Giliranku presentasi yaitu setelah makan siang, Ms. Hwei Mian Lim merupakan fasilitator dari ARROW khusus bidang wanita dan climate change, beliau yang membantu membimbing aku dan 2 orang panelis lain untuk mempersiapkan materi. Sesi climate change dibuat seinformal mungkin, kata Ms. Lim dia ingin agar semua orang bisa fokus dan tertarik dengan gaya panelis kali ini, karena memang sebelum-sebelumnya banyak yang tidak fokus dan mengantuk. Serta aku lihat sesi climate change ini jauh berbeda dibanding dengan sesi lainnya, karena benar-benar ala anak muda!
Kiri ke kanan : Ms. Lim, Siti Hawa (Malaysia), Me, & Sean Camara (Filipina)

(Belum dapet dokumentasi dari panitia)

Adapun Siti Hawa merupakan perwakilan NGO Kuasa, yang fokus dalam isu Mangroving di Malaysia  sedangkan Sean Camara dari perwakilan YPEER Filipina yang membawakan presentasi mengenai hubungan pernikahan dini dengan Climate Change.
Aku dipilih panitia sebagai drafting tim dan selesai jam 5 kami lanjut untuk finalisasi dan editing draf yang sudah jadi pada hari itu, sampailah jam setengah 9 malam baru selesai.

Cuplikan rekomendasi untuk SDG 13 yang telah difinalisasi

Setelah selesai aku kembali memanfaatkan waktu dan malam ini aku bersama Siti Hawa & Si Belka dari Mongolia pergi ke Asiatique, lumayan jauh dari hotel dan lokasinya memang di tepi sungai.

Disini toko souvenir memang lebih mendominasi, dan harganya lebih murah dibanding dengan Khaosan Road. Namun makanannya jauh lebih mahal daripada Khaosan Road. Tidak hanya menjual souvenir dan makanan, namun di Asiatique juga menyediakan wahana hiburan seperti bianglala, komedi putar, dan naik kapal gratis (tapi antriannya panjang banget).

Asiatique tutup jam 12 malam, akhirnya kami bertiga karena kelaparan mencoba mencari makan disekitar lokasi namun tidak menemukan tempat yang tepat dan halal. Akhirnya kami memutuskan untuk pergi ke Khaosan Road, karena kebetulan aku juga ingin makan Pad Thai. Ternyata diatas jam 12 malam, Khaosan Road ramai banget dengan bule yang nge-dugem sampe gabisa lewat padahal jalan kaki doang, pemandangan kehidupan malam yang cukup luar biasa haha. Kami akhirnya makan di emperan dan didepannya pas banget bar dan musiknya luar biasa, namun aku tetap menikmati pad thai yang kurang lebih rasanya seperti kwe tiau disini, tetapi lebih enak.

Pad Thai ayam, harganya 50 Baht

Setelah kenyang, kami langsung pulang, jam sudah menunjukkan pukul 2 pagi saat kami sampai ke hotel. Lanjut ke hari terakhir, pembahasan draf rekomendasi yang sudah difinalisasi oleh drafting team ke forum, action plan, serta closing ceremony. Jadi, goals akhir dari kegiatan ini adalah lahirnya rekomendasi-rekomendasi dari sudut pandang anak muda untuk dibawa ke UN Forum, dan beberapa dari peserta Youth Forum ini memang ada yang melanjutkan ke People Forum dan UN Forum dengan membawa hasil rekomendasi ini untuk di diskusikan, agar dapat diimplementasikan ke kebijakan-kebijakan pemerintah Asia-Pasifik terkait dengan SDG 4, 8, & 13.

Southeast Asia action planning

APFSD YOUTH DELEGATES

Indonesia Delegates

Southeast Asia + Pacific Delegates

Hari terakhirku di Bangkok, aku kembali jalan-jalan bersama teman-teman lainnya. Dengan menggunakan BTS aku turun di stasiun Chit Lom, dan berjalan menuju Siam Square.

Singgah ke Four Faces Buddha setapak dari stasiun Chit Lom

Sebenarnya aku tidak tau nama kuil satu ini, karena kami diarahkan oleh orang lokal untuk pergi kesini (karena ini kuil terdekat, mengingat kami hanya punya waktu sedikit untuk jalan-jalan di sore hari agar dapat mengambil foto khas kuil Thailand). Tapi ini dekat dengan Siam Square, dan mudah untuk ditemui. Disini bisa ditemukan patung biksu yang kata orang disekitar biksu yang terkenal, dan ini merupakan kompleks tempat ibadah sekaligus tempat tinggal putri raja (gatau raja yang mana).

Tim jalan : Kak Meta, aku, Dek Ais, Viki dari UNESCAP, & Belka si Mongolian
Diajak foto sama orang lokal (sebelah kananku dan yang paling ujung baju warna kuning), tuh bapak bule juga ikut diajak foto wkwk

Awalnya aku ragu bisa jalan-jalan di sore hari, namun kali ini nekat dengan meninggalkan workshop (karena kemarin ingin ikut workshop hingga jam 5). Selanjutnya setelah puas melihat-lihat, kami pergi ke Siam Square, btw Viki pamit duluan katanya capek gitu. Jadi tinggal kami berempat.

Setelah jalan-jalan sebentar, beli Thai Tea dan makan Subway. Si Belka menyusul pamit, karena pesawatnya malam jam 10, jadi akhirnya aku bersama kak Meta dan Ais lanjut menyusuri komplek mall ini.

Berhubung barang-barangnya juga cukup mahal, jadi aku cuma beli beberapa snack ikan dan cumi kaya gini buat cemilan pulang.

Menyusuri mall-mall disini dengan jalan kaki lumayan bikin capek juga, akhirnya destinasi terakhir di Siam Paragon, sekalian singgah liat Madame Tussauds, tapi ga masuk kedalem cuma didepan aja. Abis itu ternyata si dedek mau belanja tas di MBK Center, kata kak Meta ada itu mirip ITCnya Jakarta lah harganya.

Madame Tussauds edisi Britney Spears

Emang pusatnya souvenir sih MBK Center ini, saran sih kalau kalian mau belanja memang MBK Center yg banyak menyediakan pilihan souvenir. Pandai-pandai nawar aja ya, kak Meta dapet 3 tas 350 Baht doang, emang naluri wanita itu tawar menawar ya wkwk. Tapi aku udah capek banget dan pengen cepet pulang. Jam 9 kami mulai pulang ke hotel, jalan kaki dan itu sekitar 30 menit sampe ke hotel. Aku langsung bersih-bersih dan mulai packing. Pesawatku jam 8 pagi, tapi aku sampai di bandara jam setengah 5 subuh dengan menggunakan taksi, karena tidak ada Grab yang stand by hiks, tapi justru lebih murah biayanya daripada Grab.

Subuh tetap ramai antrian

Sebenarnya untuk menghindari diburu waktu apalagi penerbangan internasional, kita harus hadir minimal 3 jam menurutku. Karena kita harus mengantri check in, ya untung kalau sepi, nah kalau ramai begini? Belum lagi pemeriksaan keamanan, dan imigrasi yang paling banyak menyita waktu. Jadi, setelah check in, pemeriksaan keamanan, dan imigrasi, aku baru bisa masuk ruang tunggu sekitaran jam 6 lewat.

Ruang tunggu

Ya karena aku kembali minum obat muntah, dan capek juga akhirnya aku istirahat diruang tunggu sambil menunggu boarding. Kali ini aku pulang dengan tiket ekonomi, bukan bisnis seperti kemarin. Capek sekali sih rasanya, tapi sebanding lah dengan pengalaman yang didapat disana. Aku nyampe di Jakarta sekitar jam 12 lewat dan baru selesai ambil bagasi sekitar jam setengah 2, kelaparan dan akhirnya makan sebentar, pesawat pulang ke Pontianak berangkat jam 3 sore. Duduk merenung di ruang tunggu, sebenarnya hari itu juga hari pertama kegiatan WTC dan melihat instastory FPCI rasanya sedih :(

Soetta menunggu kepulangan

Akhirnya aku sampai di Pontianak sekitar jam 6 malam, capek secapek-capeknya. Sekian cerita yang cukup panjang kali ini.

Alhamdulillah.

Semoga aku bisa menjajakkan kaki lebih jauh lagi ke negara lain suatu hari nanti.